Biker Diwajibkan Pakai Helm SNI untuk menakan Angka kematian

Surabaya – Kepolisian di Jawa Timur juga akan menerapkan penggunaan helm ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi para pengendara sepeda motor. Penerapan helm SNI ini, untuk menekan angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas.

Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Sam Budigusdian, mengatakan selama tahun 2009, kejadian kecelakaan lalu lintas sebanyak 12.388. Dari kejadian itu, menimbulkan korban meninggal dunia sebanyak 3.667 orang. 70 persen dari 3.667 orang yang meninggal dunia, karena mengalami trauma kepala.

“Kedepan kita harapkan pengendara khususnya pengendara roda dua mengenakan helm yang standart sesuai dengan SNI,” kata Kombes Pol Sam Budigusdian, kepada wartawan di mapolda, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Selasa (6/4/2010).

Sam mengatakan, tujuan menggunakan helm SNI untuk memberikan perlindungan pengendara motor dan menekan angka kematian akibat trauma kepala.

Menurutnya, saat ini banyak beredar helm di pasaran, namun belum tentu sesuai dengan standart. Helm yang standart diantaranya bagian telinga tertutupi dan helm aman saat terjatuh. “Karena itu kita harapkan, menggunakan helm SNI. Dan saat ini masih diproses produk helm mana saja yang memenuhi SNI,” tuturnya.

Sementara itu, Kasubdit Bingakkum Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim, AKBP Yusuf, menambahkan berdasarkan pasal 291 ayat (1) Undang-Undang No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, bahwa setiap orang yang mengemudikan sepeda motor tidak mengenakan helm Standart Nasional Indonesia dapat dipidana selama 1 bulan atau denda Rp 250 ribu.

“Sementara ini kita belum memberlakukan penindakan. Kita masih melakukan sosialisasi wajib mengenakan helm SNI. Kapan mulai ditindak, kita masih belum tahu,” tuturnya.

Yusuf mengatakan, untuk mengetahui helm sesuai SNI atau tidak, terlebih dahulu dilakukan pengujian. “Sebelum diperjualbelikan, helm tersebut harus memenuhi kelayakan dan diuji terlebih dahulu,” jelasnya.

Ia menceritakan asal usul penggunaan helm SNI. Menurutnya, zaman dahulu sudah diwajibkan menggunakan helm. Namun setelah dievaluasi, ternyata korban yang mengalami luka di bagian kepala, ada yang mengenakan helm dan ada yang tidak.

Setelah disurvei oleh institusi dan akademisi, helm yang digunakan tidak memenuhi kualitas melindungi kepala pengendara. “Maka saat ini dibuatlah standarisasi helm berbagai merk yang harus sesuai dengan SNI,” jelasnya.

5 Komentar

  1. Helm INK masuk kategori SNI ndak ya?

    • visitpandaan
      visitpandaan.wordpress.com
      visitpandaan@gmail.com
      202.70.58.123
      2010/04/06 at 16:42

      Helm INK masuk kategori SNI ndak ya?

      Jawab Bro..!!
      sebenarnya standar Nasional Indonesia itu masi di bawa standar Internasional di bawah negara berkembang..!! yang seperti Snell dan DOT yang sudah berstandar Internasional, namun sekarang apakah polisi di negara Indonesia kita tercinta ini mau menerima penjelasan biker seperti kita..??? walaupun lebih safety namun tanpa logo SNI..!!! apakah anda bisa menjamin diri anda tidak kena tilang..??? NOLAN yang harganya hampir 4 juta aja tak ada tuh LOGO SNI nya..!! hmmm BMC yang 75.000 doank udah berlogo SNI tuh..!!! hmm aneh nggak seh kalau helm yang telah standar internasional harus kita simpan, dan kita harus pakai helm yang SNI..???

  2. Nah, makanya itu, masak harus beralih ke BMC dan semacamnya yang kudu berlogo SNI sih?lagian juga rawan diplagiat stiker SNInya oleh para penjual helm, peraturan yang sebenarnya harus ditinjau ulang

    • visitpandaan
      visitpandaan.wordpress.com
      visitpandaan@gmail.com
      202.70.58.89
      2010/04/07 at 05:09
      Nah, makanya itu, masak harus beralih ke BMC dan semacamnya yang kudu berlogo SNI sih?lagian juga rawan diplagiat stiker SNInya oleh para penjual helm, peraturan yang sebenarnya harus ditinjau ulang

      balasan:

      Pengennya seh gue yang atur aja tuh aturan..!! hehe tapi kita khan cuma biker biasa bos..!! yah kudu menuruti peraturan yang telah di buat..!! atau emang peraturan dibuat untuk di langgar..??

      setidaknya kita harus mendukung safety riding..!! buat keselamatan kita bersama

  3. Hehe, ngikut aja deh, yang penting selamat dalam perjalanan🙂


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • WELCOME BRTHERS

    Goyang Bro

  • Biker In News

  • Facebook TiC-KEMAYORAN

  • TiC CIREBON

    TiC CIREBON

  • TiC DJOGJAKARTA

    TiC DJOGJAKARTA

  • TiC PARUNG

    TiC Parung

  • INFO MUDIK

    MUDIK

  • Video TOURING

    0239

  • LANTAS OF BIKER

  • BENGKEL

    BENGKEL