Populasi Motor Ducati di Indonesia

Ducati Superbike 1098 S

JAKARTA – Sejak masuk ke Indonesia pada tahun 2.000, pemilik motor pabrikan Italia Ducati, diperkirakan mencapai 200 unit. Jumlah yang terbilang kecil karena segmen pasar Ducati memang sangat khusus.

“Setiap tahun kita memasarkan sebanyak 20 hingga 30 unit saja sudah bagus. Ini karena segmen Ducati sangat berkarakter dan jumlahnya sedikit,” kata AS Nugroho, Presiden Direktur Ducati Indonesia saat dihubungi.

Tidak seperti motor jenis premium lainnya, seperti Harley, karakter Ducati yang lebih ke sport menciptakan segmennya tersendiri. Meski demikian, dalam hal performa dan desain, Nugroho menyatakan hanya Ducati yang mampu menyaingi motor-motor sport buatan pabrikan Jepang. Dan ini terbukti di arena Moto GP.

Penjualan Ducati sempat terhenti pada 2004. Kemudian dilanjutkan pada 2006. Saat ini, Ducati sudah mendatangkan hampir seluruh model-modelnya ke pasar Indonesia, termasuk jenis Super Bike. “Sebagian besar model Ducati yang diinginkan konsumen, akan kita datangkan dari Italia,” tutur Nugroho. Menurutnya, konsumen Ducati umumnya sudah mengetahu banyak mengenai motor yang memiliki berbasis di Bologna Italia tersebut. Bahkan. Nugroho mengakui, pengetahuan konsumen tentang Ducati lebih baik dari pihak Ducati Indonesia sendiri. Inilah yang menjadikan segmen motor Ducati terasa spesial.

Selain Superbike, model Monster dan Multitrada juga banyak diminati konsmen Indonesia. Pembeli model Monster bahkan hampir 50 persen dari total penjualan Ducati. Ducati Indonesia sendiri sudah mendatangkan 5 varian Monster ke Indonesia, di antaranya 695, 696, dan S2R 1.000. Seluruh model Ducati dipasarkan di Indonesia dengan kisaran harga Rp275 juta hingga Rp475 juta untuk model Superbike.

Nugroho menandaskan, pihaknya tidak melakukan strategi khusus untuk meningkatkan pasar motor sport di Indonesia. “Kita bermain di segmen motor premium yang pasarnya memang sempit. Menjual 20 hingga 30 unit saja sudah lumayan. Tayangan Moto GP dan kerjasama dengan brand rokok ternama yang menjadi sponsor tim Moto GP Ducati, dirasa cukup untuk memperkenalkan Ducati ke pasar Indonesia

About these ads

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • WELCOME BRTHERS

    Goyang Bro

  • Biker In News

  • Facebook TiC-KEMAYORAN

  • TiC CIREBON

    TiC CIREBON

  • TiC DJOGJAKARTA

    TiC DJOGJAKARTA

  • TiC PARUNG

    TiC Parung

  • INFO MUDIK

    MUDIK

  • Video TOURING

    0239

  • LANTAS OF BIKER

  • BENGKEL

    BENGKEL

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.